Jumat, 06 Oktober 2017

Psikologi orang-orang setengah baya( orang-orang di usia 40 tahun menurut Alguran)

Psikologi orang-orang setengah baya( orang-orang di usia 40 tahun menurut Alguran)
1.        $uZøŠ¢¹urur z`»|¡SM}$# Ïm÷ƒyÏ9ºuqÎ/ $·Z»|¡ômÎ) ( çm÷Fn=uHxq ¼çmBé& $\döä. çm÷Gyè|Êurur $\döä. ( ¼çmè=÷Hxqur ¼çmè=»|ÁÏùur tbqèW»n=rO #·öky­ 4 #Ó¨Lym #sŒÎ) x÷n=t/ ¼çn£ä©r& x÷n=t/ur z`ŠÏèt/ör& ZpuZy tA$s% Éb>u ûÓÍ_ôãÎ÷rr& ÷br& tä3ô©r& y7tFyJ÷èÏR ûÓÉL©9$# |MôJyè÷Rr& ¥n?tã 4n?tãur £t$Î!ºur ÷br&ur Ÿ@uHùår& $[sÎ=»|¹ çm9|Êös? ôxÎ=ô¹r&ur Í< Îû ûÓÉL­ƒÍhèŒ ( ÎoTÎ) àMö6è? y7øs9Î) ÎoTÎ)ur z`ÏB tûüÏHÍ>ó¡ßJø9$# ÇÊÎÈ  
2.        15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri".
Ada apa di usia 40 tahun? Mari lihat tandanya
1.        Di usia  inilah manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya.  Hal ini  dinyatakan dalam beberapa aspek kehidupan berikut ini:
a.        kehidupan keluarga yaitu telah menikah dan memiliki anak-anak.
b.        Telah memiliki atau memilih profesi atau pekerjaan atau telah bekerja
c.        Mulai menata kehidupan ekonomi mulai terlihat kemapanan secara financial setidak-tidaknya mandiri secara ekonomi.
d.        Memiliki pengaturan dan pengendalian emosi atau emosi yang stabil. Rasa manusiawi berdasar  Tuhan ,agama, etika dan budaya.
e.        Secara sosial memiliki kemampuan bermasyarakat bersosial dengan baik.Tanggung jawab sosial baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai orang yang dipercaya memiliki jabatan-jabatan sosial. Tokoh mayarakat ataupu tokoh agama.ataupun jabatan lingkup kecil rukun tetangga (rt), atau rukun warga (rw).
f.         Secara intelektual memiliki wawasan luas dal;am dalam secara keilmuan dan kebijaksanaan dan rendah hati.
g.         Yang utama sebagai manifestasi hal-hal diatas adalah komitmen dan istiqomah terhadap keyakinan agama yang dianut yang tampak pada kenyataan sikap dan perilaku spiritual atau intensitas ibadah ritual maupun non ritual.

Demikianlah  diantara tanda-tanda usia manusia 40 tahun usia puncak kehidupan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar