Analisis
Tugas Perkembangan dan Nilai-nilai Keagamaan dalam Layanan Bimbingan dan Konseling
Di
SMP IT AL Furqon Palembang
Tugas
Perkembangan
|
Rujukan Inti
Nilai-Nilai Keagamaan
|
Arah &
Tujuan Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Materi
Layanan & Muatan Nilai-Nilai Keagamaan.
|
Jenis Layanan
& Kolaborasi
|
·
1.
·
Mencapai perkembangan
diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
|
Kelas VII
-(Qs
Al-Mukminun: 78).
-Allah
menciptakan pendengaran, penglihatan dan hati
-manusia
hendaknya bersyukur.
-(Al-Baqarah:
186).
Allah
tempat Berdoa dan mengabulkan doa hambaNya
-maka
manusia memenuhi perintah dan beriman.
-(Al-Baqarah:
11A5).
-Allah
memiliki segala sesuatu dan maha luas rahmatNya
|
Pengembangan
-siswa memahami pentingnya bersyukur kepada Tuhan atas segala
Karunianya dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pribadi
|
Tanks God
-manusia patut bersyukur.
-Gambaran manusia tentang Allah Swt
-Bentuk Syukur kepada Allah dalam kehidupan sehari-sehari
|
Orientasi dan informasi
Guru pendidikan agama Islam
|
Kelas
VIII
-(Al-Mukminun:
91). Allah tidak mempunyai anak, dan
tidak ada Tuhan (yang lain) beserta-Nya, kalau ada Tuhan beserta-Nya,
-(Al
A’raaf: 143)
Melalui
pristiwa Musa bahwa ciptaannya tidak sanggup melihat Allah.
-(Hadist
Bukhori) Allah mempunyai 99 nama
|
Pengembangan
-siswa mampu mengenal Tuhan lebih dalam sesuai iman dan
kepercayaan serta menjalankan perintahnya terutama mencintai dengan tulus
pada dirinya sendirimaupun orang lain diluar dirinya
|
Pengembangan
-siswa mampu mengenal Tuhan lebih dalam sesuai iman dan
kepercayaan serta menjalankan perintahnya terutama mencintai dengan tulus
pada dirinya sendirimaupun orang lain diluar dirinya
|
pribadi
Siapakah Tuhan bagiku
-Siapakah Tuhan bagiku
-mencintai dengan tulus
-perintah untuk mencintai
|
Orientasi dan informasi
Guru pendidikan agama Islam
|
|
Kelas IX
-(Qs-Huud:88)
Sikap
keyakinan diri sendiri terhadap keyakinan orang lain melalui pristiwa Syuaib.
-(Al-Baqarah 186 dan 115)
-(Hadist
Bukhori)
Bahwa
Allah menggemgam bumi dan langit dan merajainya.
|
Pengembangan
-Siswa mendalami agama yang dianutnya dan dapat hidup bersama
umat lain.
|
Pribadi
|
Tuhanku dan Tuhanmu
-Remaja dan agama
-makna ibadah
-pristiwa spiritual keagamaan
-dialog antar agama
-kerjasama antar agama
|
orientasi
guru pendidikan agama Islam
|
|
·
2.
Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap
perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan
yang sehat.
|
Kelas VII
-(Al-Mukminun :12-16)
Tahapan-tahapan kejadian
manusia (psikologi perkembangan)
-(Al-Baqarah :222)
Tentang haid wanita
-(Hadist Bukhari)
Penjejelasan tahapan perkembangan manusia dalam perut ibunya dan
ketentuan amalannya
.
|
Pengembangan
Siswa mengetahui tentang masa puber dan siap menghadapinya serta
menerima segala konsekuensinya
|
Pribadi
-Sosial
|
Pubertas
-pengertian pubertas
-perubahan fisik dan psikis
-aku siap jadi remaja
|
Informasi
Guru IPA biologi
|
Kelas VIII
-(Qs AlInsyqaaq:19)
Manusia melalui tingkatan dalam kehidupannya.
-(Qs Al Mu’minun 12-6)
Tahapan perkembangan manusia sejak pembuahan sampai pada hari ia
dibangkitkan.
-(Qs Al Hajj:5)
Manusia tdk boleh ragu bahwa dia diciptakan dari tanah mengalami
proses pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan psikis), ada yang pikun.
-Hadist Al Baihaqi
Allah tidak menyembuhkanmu dengan apa yang diharamkan atas kamu
|
pengembangan
Siswa mampu menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada
dirinya pada masa remaja dengan meningkatkan kesehatan diri
|
Pribadi
sosial
|
Aku sudah remaja
-remaja dan hidup sehat
-meningkatkan kesehatan diri
-remaja dan sikap perubahan
-remaja dan belajar
|
Informasi
Guru IPA biologi
|
|
·
|
Kelas IX
-(Qs Albaqarah:219)
Larangan minuman keras dan judi, mudhorat lebih besar dari manfaat
-(Qs Almaidah:90)
Menjauhi minuman keras, judi, berkorban untuk berhala, mengundi
nasib, itu perbuatan syaitan.
-(QsAlmuddatsir:31)
Iman itu penting dalam jiwa
Penyakit dalam hati dan keraguan dihapuskan melalui peringatan
Allah mengenai bilangan dan malaikat penjaga neraka sebagai cobaan.
-(Hadist Ibnu Majah)
Memohon kesehatan dan keselamatan.
-(Hadist Abu Hanifah)
Orang yang sakit amalannya dihitung ketika sehat.
|
pengembangan
Siswa memahami pentingnya kesehatan bagi remaja yang sedang
tumbuh
|
Pribadi
sosial
|
Gaya remaja yang sehat
-kesehatan bagi remaja
-kesehatan dan penyakit
-remaja dan stres
|
orientasi
guru IPA biologi
|
·
3.
·
Mencapai pola
hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria
atau wanita.
|
Kelas VII
-(QS Ali Imran:118)
Larangan mencari teman kepercayaan diluar kalangan, yang banyak
menimbulkan mudhorat.
-(Qs Annisa: 138-139)
- peringatan orang munafik yang mengambil teman orang kafir
dengan meninggalkan teman-temannya yang mukmin.
|
Pengembangan
Siwa memahami teman sebaya yang dapat mempengaruhinya dan efek
negatif yang ditimbulkannya serta siap menghadapi tekanan dari teman sebaya
|
Pribadi
-sosial
|
Teman Sebaya
-Siapa teman sebayaku
-Aku ingin dipilih
-Mereka berpengaruh bagiku
-menolak tekanan negatif dari teman sebaya
|
informasi
pembina osis
|
·
|
Kelas VIII
-(Al Mu’minuun: 12-16)
Tahapan perkembangangan manusia sampai mati dan dibangkitkan.
-(Hadist Bukhari)
Penjelasan mengenai tahapan perkembangan manusia,sejak janin
,ditiupkan ruh, amalan, penghuni surga dan neraka
|
pengembangan
Siswa mampu bersikap positip terhadap seksualita dan dapat
menjalin hubungan yang sehat dengan teman sebaya baik dengan sesama jenis
maupun lawan jenis
|
pribadi
sosial
|
Pendidikan sek
Bagi remaja
-pengertian seksualita
-sistem reproduksi
-sikap positif terhadap seksualita
-prilaku seksual
-cara mengatasi masalah psikoseksual
|
informasi
guru IPA biologi
|
·
|
Kelas IX
-(Al Hujurat:13)
Manusia diciptakan laki-laki dan perempuan bersuku-suku dan
berbangsa-bangsa untuk saling mengenal, yang paling baik yang paling takwa.
-(An Nisaa:34)
Laki-laki pemimpin wanita
-karakteristik laki-laki dan wanita dan hubungan keluarga
(perkawinan)
-(Hadist Bukhari)
Ibu lebih berhak atas
kebaikan anaknya lebih dulu kemudian ayahnya.
|
Pengembangan
Siswa memahami peran gender dalam perkembangan masa remaja
|
pribadi
sosial
|
Peran Gender
-identitas jenis kelamin
-gender dan seks
-peran gender
-diskriminasi gender
-kekerasan dan seksual
|
Orientasi
Guru IPA biologi
|
·
4.
·
Memantapkan nilai dan
cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih
luas.
|
Kelas VII
-(QS Al An’aam:52)
Manusia tdak bertanggung jawab atas perbuatan dan ibadah orang
lain dan orang lain tidak bertanggung jawab atas perbuatan dan ibadah
seseorang.
-(Qs Al A’raf: 164)
Suatu kaum yang menasehati kaum lain agar terlepas tanggung jawab
pada Tuhan.
|
Pengembangan
Siswa memahami tentang tanggung jawab sebagai remaja dan dapat
bertingkah laku sesuai dengan tanggung jawabnya
|
pribadi
sosial
|
-tanggung jawab kepada diri sendiri
-tanggung jawab sebagai anggota keluarga
-tanggung jawab sebagai siswa sekolah
-tanggung jawab sebagai anggota masyarakat
-tanggung jawab sebagai umat beragama
|
Informasi
Guru dan karyawan
|
·
|
Kelas VIII
-(Qs Al Israa: 78)
Perintah mendirikan Sholat pada waktu yang telah ditentukan
(diantara lima waktu)
-(Qs Al Muzzammil)
Sholat malam
|
Pengembangan
Siswa mampu menerapkan
disiplin dan menetapkannya sebagai nilai dan pedoman bertingkah laku agar
dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas.
|
pribadi
sosial
|
Disiplin Diri
-memahami disiplindiri
-makna disiplin diri
|
Orientasi
Guru dan karyawan
|
Kelas IX
-(Qs Al Maidah : 8)
Perintah pada orang beriman untuk menegakkan kebenaran dan
keadilan,
-(Qs Al Anfaal : 58)
Kehkawatiran akan pengkhianatan
terhadap perjanjian, maka dikembalikan perjanjian itu dengan cara
jujur.
-(Hadist Bukhari)
Penjelasan perintah untuk slalu benar (jujur) dan berhati-hati
terhadap dusta dan kebohongan.
|
Pengembangan
Siswa memahami pentingnya kejujuran dalam meraih masa depan yang
lebih baik
|
pribadi
|
Kejujuran
-Mengapa kita harus jujur
-Kejujuran dalam kehidupan sehari hari
Mempertang-gungjawabkan kejujuran
|
Orientasi
|
|
·
5.
·
Mengenal kemampuan
bakat, dan minat serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni.
|
Kelas VII
-(Qs Al Baqarah :30)
Allah bertujuan menciptakan khalifah di bumi
-(Qs Al Anfaal: 66)
Manusia memiliki kelemahan, maka dari itu hendaklah bersabar,
Allah meringankan itu.
(kelemahan dapat diubah menjadi kekuatan)
-(Qs Al Hadid : 25)
Rasul diutus membawa bukti Alkitab supaya manusia dapat
melaksanakan keadilan
(manusia punya kekuatan )
|
Pengembangan
Siswa memahami tentang dirinya sehingga dapat mengembangkan
dirinya dengan lebih baik
|
pribadi
|
Pemahaman Diri
-kenalkan ini aku
-kelemahan dan kekuatanku
-bakatku
|
Orientasi
Guru/siswa yang menonjol konsep dirinya
|
·
|
Kelas VIII
-(Qs Al A’raaf : 31)
Perintah berpakaian, makan dan minum dengan tidak berlebihan
-(Qs Ibrahim : 32 )
Allahmenciptakan langit dan bumi, hujan ,bahtera di lautan untuk
manusia
-(Qs Ibrahim : 34 )
Manusia tak dapat menghitung nikmat Allah, dan sangat zalim bila
mengingkarinya.)
|
Pengembangan
Siswa mampu mengintegrasikan dirinya agar dapat menjadi
manusia yang penuh percaya diri dan tidak egois
|
Pribadi
sosial
|
Integritas Diri
-kebutuhan dasar manusia
-pengertian integritas diri
-manfaat integritas diri
-pribadi yang memiliki integritas diri
|
orientasi
Guru
Dan karyawan
|
Kelas IX
-(Qs Al Jumuah:10)
Perintah setelah sholat bertebaran dimuka bumi mencari karunia
dan banyak mengingat Allah supaya beruntung
-(Al Hasyr: 18)
Perintah pada semua orang untuk memperhatikan apa yang
diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertawakkal.
-(hadist Bukhori-Muslim)
Orang yang paling panjang tangannya (suka bekerja dan memberi
sedekah) akan cepat menyusul nabi
|
Peminatan
Siswa dapat menata masa depan sedini mungkin
|
Karir
|
Karir masa Depan
-bekal untuk meniti dan menggapai
karir
--rahasia menggapai sukses
-pengembangan diri
|
Penempatan
|
|
·
6.
·
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan
melanjutkan pelajaran dan atau mempersiapkan karier
serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
|
Kelas VII
-(Qs Al Insyirah:5-6)
Meyakini setiap kesulitan pasti ada kemudahan.
-(Qs Albaqarah:203)
Perintah mengingat Allah dan memilih keberangkatan ke Mina (
keleluasaan setiap orang)
|
Pengembangan
Siswa mampu meningkatkan motivasi belajar dan siap menghadapi
berbagai tantangan dalam meraih keberhasilan belajar untuk masa depannya
|
belajar
|
Motivasi belajar
-pengertian motivasi belajar
-meningkatkan motivasi
-tantangan dalam belajar
|
Pembelajaran (penguasaan konten)
|
Kelas VIII
-(Qs Almujaadalah: 11)
Meyakinkan bahwa orang yang beriman dan berilmu memiliki derajat
lebih tinggi.
-(Qs Albaqarah: 269)
Allah menganugerahkan hikmah pada orang yang dikehendakinya. Dan
orang diberi anugrah hanya orang berakal dan mengambil pelajaran
|
Pengembangan dan peminatan
Siwa memiliki pengetahuan pengetahuan dan keterampilan untuk meraih kesuksesan disekolah maupun
untuk bekal di masa depan
|
Belajar
|
Prestasi belajar
-remaja berprestasi
-sukses dengan prestasi sekolah
-mengatur waktu
-apa yang harus kita lakukan
|
Pembelajaran (penguasaan konten
Guru dan karyawan
|
|
Kelas IX
-(Qs Attobah :122)
Perintah kepada orang beiman sebagian dari mereka untuk mendalami
tentang agama dan pengetahuan
-(Qs Almujaadalah:11)
Meyakinkan bahwa orang yang beriman dan berilmu memiliki derajat
lebih tinggi.
|
Peminatan
Siswa dapat memiliki studi lanjutnya dan dapat memilih sekolah
yang sesuai untuk dirinya
|
Karir
|
Kemana setelah SMP?
-manfaat seklah
-memilih sekolah yang tepat
-mengenal SMA
-mengenal SMK dan ruang lingkupnya
-mengenal perguruan tinggi
|
Penempatan /penyaluran
|
|
·
7.
·
Mengenal gambaran dan
sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi.
|
Kelas VII
-(Qs Annisa:5)
Perwalian terhadap orang-orang yang akalnya belum mampu (mandiri)
-(Qs Ar Ra’d:11)
Setiap orang hanya dirinyalah yang dapat merobah nasibnya
-(Qs Ash Shaff;14)
Perintah pada orang beriman untuk menjadi penolong agama Allah
(menegakkan agama Allah) akan diberikan kekuatan
|
Pengembangan
Siswa dapat menjadi individu yang mandiri
|
Pribadi
|
Mandiri
-pengertian mandiri
-tanda-tanda seseorang belum dewasa atau kurang mandiri
-menjadi individu yang mandiri
-realisasi sikap mandiri dalam mengambil keputusan
|
Informasi
|
·
|
Kelas VIII
-(Qs AlmaidaH: 90)
Perintah menjauhi
perbuatan tercela (miras, berjudi,
mengundi nasib).
-(Qs Almaidah: 91)
Perbuatan tercela diatas adalah perbuatan syetan
-(Qs Al Israa’: 32)
Larangan mendekati Zina , hal itu perbuatan keji
|
Pengembangan
Siswa memiliki prinsip yang kuat untuk sukses berbagai bidang
|
pribadi
sosial
|
Hidup menuju Sukses
-Setiap individu ingin sukses
-prinsip untuk meraih kesuksesan
|
Orientasi
Guru dan karyawan
|
Kelas IX
-(Qs Hud :15)
Setiap orang akan memilih apakah kehidupan dunia dan perhiasanya
dan Allah akan memberikan balasan, manusia tak pernah dirugikan
|
Peminatan
profesi
Siswa mampu memilih profesi
yang akan digelutinyadi masa depan
|
Karir
|
Pilihan masa depan
-meniti jembatan kesuksesan
-jenis-jenis profesi
-memilih profesi
|
Penempatan penyaluran
|
|
·
8.
·
Mengenal sistem etika
dan nilai-nilai sebagai pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan
minat manusia
|
Kelas VII
-(Qs Attahrim: 3)
Penting nya menjaga komunikasi ,menjauhi kesalah pahamam
-(Qs Yaasiin : 17)
Kewajiban menyampaikan perintah Allah dengan jelas
|
Pengembangan
Siswa mampu berkomunikasi dengan baik
|
pribadi
sosial
|
Komunikasi Remaja
-pengertian komunikasi
-pentingnya komunikasi
-komunikasi yang efektif
-komunikasi remaja dan orang tua
-cara berkomunikasi yang baik
|
Informasi
Perwakilan orang tua
|
Kelas VIII
-(Qs Al A’raaf: 76 )
-peringatan terhadap orang sombong
-(Qs Attaghaabun; 3)
Allah menciptakan langit dan bumi dan membaguskan rupa manusia
-(Qs Al Infithar : 6-7)
Peringatan untuk tidak mendurhaka karena Allah menciptakan
manusia dan menyempurnakan kejadian manusia itu
|
Pengembangan
Siswa mampu membangun rasa percaya diri untuk dijadikan pedoman
hidup
|
pribadi
sosial
|
Percaya Diri
-memahami pentingnya rasa diri
-karakter orang percaya diri
-mengatasi rasa tidak percaya diri
-percayadiri versus narsis
|
Informasi
|
|
·
|
Kelas IX
-(Qs Asy Syamsi: 8)
Allah mengilhamkan kefasikan dan ketakwaan pada jiwa manusia
-(Qs Albaqarah: 38)
Orang yang mendapat petunjuk tidak akan khawatir dan bersedih
hati
-(Qs Albaqarah: 214)
Manusia diuji dengan malapetaka, kesengsaraan, dan cobaan untuk
memperoleh syurga, pertolongan Allah itu sangat dekat.
|
Pengembangan
Siswa dapat mengatasi konflik dalam diri dan lingkungan
|
pribadi
sosial
|
Mengatasi konflik dalam diri dan lingkungan
|
Informasi
perwakilan orang tua
|