FORMAT SUPERVISI KEGIATAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Hari/tanggal
: ……………………………………………………..
2. Nama
sekolah
: ……………………………………………………..
3. Nama
guru
: ……………………………………………………..
4. Kelas/semester
: ……………………………………………………..
5. Jenis
layanan
: ……………………………………………………..
6. Topik
layanan
: ……………………………………………………..
7. Tugas perkembangan yang
ingindicapai:……………………………………………..
…………………………………………………………………………………………….
8. Waktu
: ……………………………………………………..
9. Nama
penyelia
: ……………………………………………………..
FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI
Lamanya wawancara : ……………….. menit
NO.
|
PERTANYAAN
|
CATATAN WAWANCARA
|
1.
|
Kegiatan layanan apa yang akan Saudara
sampaikan?
|
|
2.
|
Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki
siswa?
|
|
3.
|
Nilai apa yang akan dikembangkan?
|
|
4.
|
Sikap apa yang diharapkan menjadi kebiasaan siswa dari hasil
layanan?
|
|
5.
|
Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat?
|
Prosem/prota : ada/tidak
Rencana pelayanan : ada/tidak
Satlan/Satkung : ada/tidak
|
6.
|
Dapatkah Saudara menceritakan tahapan
pelayanannya?
|
Tahapan sesuai/tidak sesuai dengan
persiapan
|
7.
|
Adakah respon/ sikap konseli yang diang-gap menghambat dalam
pelaksanaan layanan?
|
|
8.
|
Bagaimana kesiapan Saudara untuk memberikan
layanan?
|
|
9.
|
Metode apa yang akan Saudara gunakan?
|
|
10.
|
Bagaimana kalau saya turut mengamati
pelaksanaan layanan ini?
|
|
FORMAT
B
DAFTAR PERIKSA PENGAMATAN
|
|
|
YA
|
|
|
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
TIDAK
|
BAIK
|
PERLU DIPERBAIKI
|
KET
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12
.
|
PENDAHULUAN
Guru bimbingan dan konseling (gbk) membangun suasana
kondusif dan menyenangkan bagi pesrta
layanan /konseli
Guru bimbingan dan konseling melakukan tahapan
awal layanan
Guru bimbingan konseling memberikan
motivasi
Menginformasikan tujuan layanan
Guru bimbingan dan konseling dalam
menyampaikan kegiatan layanan penuh percaya diri
Guru bimbingan dan konseling menguasai dan
melaksanakan materi layanan sesuai dengan satuan layanan
UNSUR PELAYANAN:
Menjelaskan kegiatan layanan dengan metode
yang relevan.
Melibatkan siswa dengan multi metode
Mengembangkan hubungan rappot dan
komunikatif
UNSUR PENILAIAN:
menilai pemahaman siswa mengenai isi dan
tujuan layanan
Melihat comport {perasaan posiitif) konseli/peserta
layanan
Konseli
memiliki rencana aksi pasca layanan yang telah diberikan
PENAMPILAN:
Kerapian dan keserasian berbusana
Kejelasan berbicara,
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Kualifikasi
|
|
|
|
|
FORMAT C
PANDUAN WAWANCARA PASCA PENGAMATAN
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1.
|
Bagaimana pendapat Saudara setelah
menyajikan pelayanan ini?
|
|
2.
|
Apakah kegiatan layanan sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
|
3.
|
Hal-hal apa yang menurut Saudara sudah memuas-kan dan belum
memuaskan dalam proses layanan?
|
|
4.
|
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian
tugas perkembangan dan skkpd peserta layanan/konseli?
|
|
5.
|
Apa yang menjadi kesulitan peserta
layanan/konseli?
|
|
6.
|
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
|
|
7.
|
Apakah alternatif untuk mengatasi
kesulitan?
|
|
8.
|
Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu
ditingkatkan berdasarkan pengalaman Saudara dan pengamatan saya.
|
|
9.
|
Dengan demikian apa yang Saudara tingkatkan
untuk pertemuan yang akan datang?
|
|
Kesan umum
: ………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
Saran :
……………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………
Guru BK
yang
disupervisi,
Penyelia : Pengawas Sekolah/
Kepala Sekolah/Guru Pembina
——————————
————————————-
Penilaian
Jumlah jawaban “ya, baik”
|
Kualifikasi
|
Keterangan
|
17 – 18
14 – 16
10 – 13
< 10
|
A
B
C
D
|
Amat baik
Baik
Cukup
Kurang
|
Advertisements
SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING
NamaSekolah
: SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PALEMBANG
Alamat
: Jalan Naskah II no 733 Kec. Sukarami Palembang 30152
Kecamatan
: Sukarami
Kota/
Kabupaten :
Palembang
Hari/
Tanggal :
No.
|
Kegiatan
|
Rentang
Nilai
|
Perolehan/
Penilaian
|
Keterangan
|
|
Konselor/ Guru BK
a.
Berlatar Belakang S1 & S2 BK
b.Berlatar
Belakang S2 BK
c.
Berlatar Belakang S1 BK
d.
Berlatar Belakang D3 BK
e.
Berlatar Belakang non BK/ Diklat
|
2 – 10
|
|
|
2.
|
Struktur Organisasi dan Job
Diskription
|
1 – 5
|
|
|
3.
|
Program BimbingandanKonseling
1.
Program
tahunan
2.
Program
Semesteran
3.
Program
Layanan Semesteran
4.
Program
Layanan Klasikal/ Kelompok
5.
Agenda
Kegiatan
6.
Jurnal
kegiatan harian Bk
|
1 – 5
|
|
|
4.
|
Ruang BK
1.
Ada
dan lengkap berbasis ICT
2.
Ada
dan Lengkap
3.
Cukup
4.
Kurang
5.
Tidak
Ada/ masih bersama ruang lain
|
5 – 25
|
|
|
5.
|
Kegiatan/ Proses
BimbingandanKonseling
1.
Melaksanakan
kerangka utuh Program BK
2.
Hanya
Mencakup 4 Komponen Program
3.
Hanya
Mencakup 3 komponen Program
4.
Hanya
Mencakup 2 Komponen Program
5.
Hanya
Mencakup 1 Komponen Program
|
5 – 25
|
|
|
6.
|
Memiliki instrument pelaksanaan BK
1.
Lengkap
dan berbasis ICT
2.
Cukupan
|
1 – 10
|
|
|
7.
|
Peningkatan Kompetensi Konselor
|
1 – 5
|
|
|
8.
|
Memiliki Evaluasi Program
|
1 – 5
|
|
|
9.
|
Memiliki Analisis Program
|
1 – 5
|
|
|
10.
|
Memiliki Tindak lanjut Program
|
1 – 5
|
|
|
|
Total
|
|
……………….
|
|
Kesimpulan
:
Saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Palembang,, ………………………………….
Pengawas, BK
Koordinator BK,
Dra.Siti Hasanah Sri, M.Pd.I
Nip. 196207311984062001