Kamis, 14 Mei 2015

RINCIAN KEWAJIBAN KONSELOR SEKOLAH/Guru Bimbingan dan Konseling

RINCIAN KEWAJIBAN  KONSELOR  SEKOLAH
ALASAN YURIDIS BK DISEKOLAH
UU RI N0 20 TH 2003
PP NO 74 TH 2008
PERMEN NO 27 THUN 2008
SPEKTRUM PELAYANAN MENYELURUH BIMBINGAN KONSELING
MODUL DIKLAT ERTIFIKASI THUN 2008
KONSELOR YANG BERTUGAS DI SEKOLAH /MADRASAH DIWAJIBKAN MENGUASAI DAN MENYELENGGARAKAN  HAL-HAL BERIKUT:
1. Menguasai spectrum pelayanan pada umumnya, khususnya : a.pelayanan dasar(pisik,psikhis ,sosi emosional,sosio religius), b. pelayanan pengembangan (pegembangan potensi  dengan tahap-tahap perkenbangan dan tugas-tugas perkembangan).c. Pelayan teraputik (membantu menangani masalah akibat gangguan terhadap pelayanan dasar dan pelayanan pengembangan).
2. Merumuskan dan menjelaskan peran professional konselor kepada pihak-pihak terkait,trutama peserta didik ,pimpinan sekolah/madrasah,sejawat pendidik, dan orang tua.(struktur, program ,pengelolaan,evaluasi,tugas dan kewajiban pokok konselor).
3. Melaksanakan tugas pelayanan professional konseling yang setiap kali dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan terutama pimpinan sekolah/madrasah,orangtua,peserta didik. (jumlah peserta didik yang diasuh,program tahunan,semesteran ,bulanan,mingguan.,satlan,satkung dan lapelprog,konselor melayani seluruh siswa peserta didik  diasuh 10 kali dalam kegiatan pelayan konseling tiap semester,jumlah jam wajib eqivalen dengan jam wajib guru pelajaran.
4. Mewaspadai hal-hal negative yang mengurangi keefektifan pelayanan professional konseling.a.hal-hal berikut  perlu dicegah atau tidak dilakukan oleh konselor:(tercederainya azas kerahasiaan,memberikan label kepada peserta didik perorangan atau kelmpok  yang berkonotasi negative,bertindak laksana polisi sekolah mis; memata-matai  piket keamanan, perazia  ,pencari pencuri ,mem buat surat atau menyetujui surat perjanjian yang berkonotasi berakhir dengan sanksi atau hukuman).Jadi konselor hanya dapat menerima peserta didik yang terjaring oleh pihak lain dan menerima peserta didik yang telah terkena sanksi oleh pihak lain untuk mendapatkan pelayanan konseling.b.hal-hal diatas point a harus disampaikan kepada pihak terkait Yaitu :siswa,sejawat pendidik,dan pimpinan sekolah untuk mendapat dukungan dan fasilitas untuk mewujudkannya.
5. Mengembangkan kemampuan professional konseling secara berkelanjutan.
  -Kemampuan profesional dapat dilakukan melalui: pengawasan kegiatan pelayanan konseling,diskusi profesional,partisipasi kegiatan keorganisasian profesi konseling,pendidikan dalam jabatan,kegiatan dealam rangka kredensialisasi untuk sertifikasi,akreditasi,dan lisensi dalam bidang konseling.
-untuk mewujudkan semua itu harus dibicarakan kepada pimpinan sekolah dan pihak-pihak terkait.

                                                                              Disarikan  dari  modul B lampiran 8 diklat sertifikasi
                                                                                                                     Guru BK/konselor sekolah thn 2008
                                                                                                                     Siti Hasanah Sri Gr BK/Konselor sekolah
                                                                                                                     SMKN 7 Palembang


SPEKTRUM PROFESI KONSELING

SPEKTRUM PROFESI KONSELING

Oval: Wawasan
konseling
                        Paradigma       . 1                                                        7.         Pengertian
                        Visi                  . 2                                                        8.         Tujuan
                        Misi                 . 3                                                        9.         Fungsi
                        Bidang                        . 4                                                        10.       Prinsip
                        Kegiatan          . 5                                                        11.       Asas
                        Kode Etik       . 6                                                        12.       Landasan
           
Oval: Pelayanan
Konseling
Oval: Layanan
konseling
 
Oval: Kegiatan
pendukung
Oval: Format layanan
 









                        Orin                 . 13                                                      22.       AI
                        Info                 . 14                                                      23.       HD
                        PKO                . 15                                                      24.       KK
                        KP                   . 16                                                      25.       KR
                        BKp                . 17                                                      26.       TKp
                        KKp                . 18                                                      27.       ATK
                        KSI                 . 20
                        MED               . 21                  28.       Individual
                                                                        29.       Kelompok
                                                                        30.       Klasikal
                                                                        31.       Lapangan
                                                                        32.       “Politik”
            Konseling sebagai:                                                                  Kredensialisasi :
            33.       Filsafat                                                                       39.       Sertifikasi
            34.       Pandangan/jalan hidup                                               40.       Akreditasi
            35.       Sikap                                                                          41.       Lisensi
            36.       Komitmen
            37.       Aksi (kegiatan nyata)
            38.       Pandangan mendunia            
Pengembangan :
42.              Keprofesian Profesi Konseling
43.              pendidikan Prajabatan
44.              Pendidikan dalam Jabatan            Di salin kembali oleh:
45.              Organisasi Profesi                      BK SMK N 7 PLG
    Dra. Siti Hasanah Sri

SPEKTRUM PROFESI KONSELING
Oleh Siti Hasanah Sri
Disampaikan  pada pertemuan MGBK tanggal 10 November 2009 di  SMK UB Palembang 
Dasar  :                                                                                   Rujukan         :
Lampiran 8, modul B                                                              1). KK. 2004
Rincian kewajiban konselor                                                          pelayanan professional BK
Yang bertugas di sekolah/madrasah                                       2). Modul B.
                                                                                                     Pendalaman BK. (PLPG 2008)
               Spectrum Profesi Konseling                                  3). Kerangka kerja utuh BK Komprehensif                                                                                                         ABKIN 2007 Agus Taufik Amdani
Text Box: Spektrum keprofesian
Profesi konseling
Text Box: Spektrum pelayanan menyeluruh untuk pengembangan diri dan kehidupan yang membahagiakan4). Permen No. 27 th 2008. itg, Standar         kualifikasi dan konfrensi konselor
5).   Modul A
6).   Pelayanan BK SMK Prayitno                 



Rincian Kewajiban Konselor

konselor yang bertugas di sekolah / madrasah di wajibkan menguasai dan menyelenggarakan hal-hal berikut :
1. Menguasai spectrum pelayanan pada umumnya, khususnya pelayanan professional konseling.
  • Pelayanan umum (Dasar, Pengembangan, Trepotik)
2. Merumuskan dan menjelaskan peran konselor kepada pihak-pihak terkait, terutama peserta didik, pimpinan sekolah.
3. Melaksanakan tugas pelayanan professional konseling.
4. Mewaspadai hal-hal negatif yang mengurangi keefektifan pelayanan professional konseling.
5. Mengembangkan kemampuan professional konseling secara berkelanjutan.




Uraian Diagram Spektrum Profesi Konseling

Wawasan Konseling
  1. Paradigma      :  KK BK 2004
Yaitu: pelayanan bantuan psiko-paedagogis dalam bingkai budaya Indonesia yang religius.


  1. Visi                  :   modul A PLPG
Terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan, perkembangan dan pengentasan masalah agar individu berkembang secara optimal, mandiri, dan bahagia.


  1. Misi
    1. misi pendidikan                       : pengembangan prilaku efektif – normatif
    2. misi pengembangan                : memfasilitasi perkembangan individu
    3. misi pengentasan masalah      : memfasilitasi pengentasan masalah individu.


  1. Bidang :  modul A
    1. Pelayanan kehidupan pribadi
    2. Pelayanan kehidupan social
    3. Pelayanan kegiatan belajar
    4. Pelayanan perencanaan dan pengembangan karir
    5. Pelayanan kehidupan berkeluarga
    6. Pelayanan kehidupan keberagaman


  1. Kegiatan :  KK BK 2004
Kegiatan pokok:  penyelenggara layanan dan konseling, dan kegiatan pendukung.

  1. Kode etik : Bab Tersendiri

  1. Pengertian  bimbingan :           kurikulum BK 2004
pelayanan bantuan untuk peserta didik., baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan social, bimbingan belajar, dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. (SK. Mendikbud No.025/o/1995)

  1. Tujuan :  modul B     
perkembangan optimal individu atau peserta didik yaitu tercapainya kondisi dinamis dimana individu mampu berusaha dan mencapai tingkat perkembangan yang sesuai dengan potensi atau kemampuan yang dimilikinya itu.
 





























  1. Fungsi             : modul A kurikulum BK 2004
a. Pemahaman             b. Pencegahan             c. Pengentasan                        d. Advokasi   
e. Pemeliharaan dan pengembangan  

  1. Prinsip pelayanan BK :  pelayanan BK SMK Prayitno
a. sasaran layanan :      - melayani seluruh siswa         - berdasarkan perbedaan individu unik
                                    - bersifat individual x klasikal
                                    - memperhatikan aspek perkembangan individu
            b. Prinsip berhubungan dengan masalah individu
- memperhatikan mental, sifat, penyesuain dengan rumah sekolah, masyarakat,  pekerjaan.
            c.  Prinsip program layanan.
- terpadu dalam pendidikan sekolah pada umumnya, fleksibel. Berkesinambungan,   penilaian teratur dan terencana.
            d. Prinsip tujuan dan pelaksanaan layanan
                        - pengembangan individu, kemandirian individu, keahlian, kerja sama.
           
  1. Asas                 : KK BK 2004
Rahasia, Sukarela, Terbuka, Mandiri, Kekinian, Dinamis, Terpadu, Normative, Ahli, Alih Tangan Kasus, Tut Wuri Handayani.


12. * Landasan BK dalam pendidikan formal            :  modul A PLPG
      - UU NO. 20 / 2003 tentang SISDIKNAS
      - UU NO. 15 / 2005 tentang Guru dan Dosen
      - PP NO. 19 / 2005  tentang Standar Nasional Pendidikan
      - PERMENDIKNAS No. 16 / 2005 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pendidil
      - PERMENDIKNAS No. 18 / 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam jabatan
      - Surat Dirjen Dikti No. 2047 / DJ / 1999 tentang Pelayanan Bimbingan dan Konseling
      - PERMENDIKNAS No. 22 / 2006 tentang Standar Isi satuan Pendidikan
      * landasan pelayanan BK :
      - filosofis                                       - social budaya
                  - religius                                        - paedagogis
                  - Psikologis           
                       

Pelayanan Konseling
-          ditujukan untuk layanan konseling dengan spectrum layanan dasar, layanan pra-konseling dan layanan terapetik.
-          Diarahkan pada bidang-bidang kehidupan pribadi dan social belajar, perencanaan dan pengembangan karir, kehidupan berkeluarga dan kehidupan keberagaman.
-          Diarahkan pada komponen program yaitu pelayanan dasar bimbingan pelayanan responsive, perencanaan individual, dan dukungan system.


Layanan Konseling

            13. Orientasi  
            14. Informasi
            15. Penempatan dan Penyaluran
            16. Penguasaan konten
            17. Konseling Perorangan
            18. Bimbingan kelompok
            19. konseling kelompok
            20. Konsultasi
            21. Mediasi

Kegiatan Pendukung
            22. Aplikasi instrumentasi
                        1.  tes ( intelegensi, kepribadian, bakat, minat, kemampuan kerja, emosi).
                        2. non tes ( angket, observasi, wawancara, sosiometri, inventori, anekdot).

            23. Himpunan Data
                        1. data pribadi :- sikap kebiasaan beriman
                                                - pertumbuhan perkembangan pisikis
                                                - kekuatan diri / kelemahan diri
                                                - kemampuan pengambilan keputusan
                        2. data prestasi
                        3. perkembangan social
            24. Konfrensi kasus
            25. kunjungan rumah
            26. tampilan kepustakaan
            27. alih tangan kasus

format layanan
            28. individual
            29. kelompok
            30. klasikal
            31. lapangan
            32. politik

konseling sebagai:
            33. filsafat
34. pandangan / jalan hidup / hakikat manusia
            35. sikap
            36. komitmen
            37. aksi (kegiatan nyata) / ekspektasi kerja konselor
            38. pandangan mendunia

kredensialiasi
39. sertifikasi : pengakuan seseorang telah memiliki kompetensi setelah lulus uji kompetensi oleh lembaga pendidikan tenaga profesi konseling yang terakreditasi atau lembaga sertifikasi.
            40. Akreditasi: derajat penilaian kondisi suatu pengembang/pelaksana konseling.
            41. lisensi : izin praktek pelayanan konseling bagi tenaga profesi konseling.

Pengembangan
            42. keprofesian profesi konseling
            43. pendidikan prajabatan
            44. pendidikan dalam jabatan
            45. organisasi profesi



T Raka Joni
Konvensi ABKIN 2007

Ekspektasi Kerja Konselor

Memfasilitasi pertumbuhan kemandirian siswa dalam mengeksploitasi, memilih, meraih, mempertahankan karir, sehingga mampu hidup produktif dan sejahtera peduli pada kemaslahatan, umum dengan menggunakan proses pengenalan diri konseli yang kemudian diperhadapkan oleh konseli dengan peluang yang terbuka dan tantangan yang menghadang dilingkungannya sebagai kontek layanan BK yang memandirikan. Konteks ini menumbuhkan karakter dan menguasai soft skill.



Ekspektasi Kerja Guru
Menggunakan bidang studi sebagai layanan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Konteks ini menguasai hard skill.