PERNYATAAN KOMPETENSI, INDIKATOR, DAN PROSES
PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)/ KONSELOR
Sumber :
• Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 27/2008 tentang Standar
Kualifikasi dan Kompetensi Konselor.
• BSNP versi 6.0. 11/2008 tentang Kerangka Indikator untuk Pelaporan
Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru.
• Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
No.
|
K O
M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai teori dan
praksis pendidikan
|
Pemantauan
|
2.
|
Mengaplikasikan
perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
|
Pengamatan
|
3.
|
Menguasai esensi layanan
BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
|
Pemantauan
|
B. Kepribadian
|
||
8.
|
Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
Pemantauan
|
9.
|
Menghargai dan menjunjung
tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih
|
Pemantauan
|
|
Menunjukkan integritas dan
stabilitas kepribadian yang kuat.
|
Pemantauan
|
10.
|
Menampilkan kinerja
berkualitas tinggi.
|
Pengamatan
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Mengimplementasikan
kolaborasi internal di tempat bekerja.
|
Pemantauan
|
12.
|
Berperan dalam organisasi
dan kegiatan profesi BK.
|
Pemantauan
|
|
Mengimplementasi
kolaborasi antar profesi.
|
Pemantauan
|
D. Profesional
|
||
13.
|
Menguasai konsep dan
praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
|
Pemantauan
|
14.
|
Menguasai kerangka
teoritik dan praksis BK.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
|
Merancang program BK
|
Pengamatan
|
|
Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif.
|
Pengamatan
|
|
Menilai proses dan hasil
kegiatan BK.
|
Pemantauan
|
|
Memiliki kesadaran dan
komitmen terhadap etika professional.
|
Pemantauan
|
|
Menguasai konsep dan
praksis penelitian dalam BK.
|
Pemantauan
|
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
|
|
|
LAPORAN DAN EVALUASI
PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN
& KONSELING/ KONSELOR
Nama
Guru : ......................................................................................................
NIP
/ Nomor Seri Karpeg : ......................................................................................................
Pangkat
/ Golongan Ruang : ......................................................................................................
Terhitung
Mulai Tanggal : ......................................................................................................
NUPTK
/ NRG : ......................................................................................................
Nama
Sekolah : ......................................................................................................
Alamat
Sekolah : ......................................................................................................
Tanggal
mulai bekerja di sekolah ini : ......................................................................................................
Periode
Penilaian : ...............................sampai
dengan …………………..
PERSETUJUAN
( Persetujuan ini harus ditanda
tangani oleh penilai dan guru yang dinilai )
Penilai dan guru yang dinilai
menyatakan telah membaca dan memahami semua aspek yang ditulis / dilaporkan
dalam format ini dan menyatakan setuju.
Nama Guru : .................................. Nama Penilai :
...........................................
(Tanda Tangan)
(Tanda Tangan)
________________________
_________________________
..............................,....................20...
|
Kompetensi 1 : Menguasai teori dan praksis pendidikan
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 1 : Menguasai teori dan
praksis pendidikan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan landasan dan
prinsip-prinsip pendidikan serta pembelajaran yang aktif, kreatif, mandiri,
dan berpusat pada peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan usia, tahap
perkembangan, dan kebutuhan peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan keragaman latar
belakang budaya, ekonomi, dan sosial peserta didik/konseli
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 1
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 1 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 1
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 2 : Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis Dan Psikologis Serta Perilaku
Konseli
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 2 : Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis Dan
Psikologis Serta Perilaku Konseli
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
kebutuhan perkembangan mental, emosional, fisik, dan gender.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
kebutuhan bakat, minat, dan potensi pribadi.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
harapan untuk melanjutkan pendidikan dan pilihan karir.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 2
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 2 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 1
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 3 : Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan
konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 3 : Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan
konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jalur
Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jalur
|
0
|
1
|
2
|
2.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jenis
satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan, menengah, serta tinggi.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada
jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 3
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 3 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 3
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 4 : Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 4
: Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
berpenampilan rapih dan bersih
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
berbicara dengan santun dan jujur kepada peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
bersikap dan mendorong kepada peserta didik/konseli untuk bersikap toleran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
memperlihatkan konsistensi dan memotivasi peserta didik/konseli dalam
melaksanakan ibadah.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 4
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 4 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 4
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 6 : Menunjukkan integritas
dan stabilitas kepribadian yang kuat
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan Penilai terhadap
dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Kompetensi 6 : Menunjukkan
integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
menunjukkan kepribadian, kestabilan emosi dan perilaku yang terpuji, jujur,
sabar, ramah, dan konsisten.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
menunjukkan kepekaan dan bersikap empati terhadap keragaman dan perubahan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
menampilkan toleransi tinggi terhadap peserta didik/konseli yang menghadapi stress dan frustasi.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 6
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 6 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 6
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 7 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan/jawaban guru terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 7 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
memotivasi peserta didik/konseli untuk berpartisipasi aktif dalam layanan BK
yang diberikan.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
BK/Konselor melaksanakan pelayanan BK
yang efektif sesuai
dengan rancangan untuk mencapai tujuan pelayanan BK dalam
waktu yang tersedia
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
melaksanakan tugas layanan BK secara mandiri, disiplin, dan semangat agar
peserta didik/konseli berpartisipasi secara aktif.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 7
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 7 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 7
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 8 : Mengimplementasikan
kolaborasi internal di tempat bekerja
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 8 : Mengimplementasikan kolaborasi internal di
tempat bekerja
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru lain dapat
menunjukkan contoh penggunaan hasil pelayanan BK untuk membantu peserta
didik/konseli dalam proses pembelajaran yang dilakukannya
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
merencanakan pelayanan BK dengan menyertakan pihak-pihak terkait di sekolah
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti bagaimana menjelaskan program dan hasil layanan BK
kepada pihak-pihak terkait di sekolah
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti permintaan guru lain untuk membantu penyelesaian
permasalahan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 8
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 8 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 8
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 9 : Berperan
dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Kompetensi 9 : Berperan
dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
mentaati Kode Etik organisasi profesi BK (seperti MGBK, ABKIN, atau
organisasi profesi sejenis lainnya).
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
berpartisipasi aktif dalam proses pengembangan diri melalui organisasi
profesi guru BK/Konselor
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan organisasi profesi BK/Konselor untuk membangun kolaborasi
dalam pengembangan program BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 9
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 9 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 9
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 10 : Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 10 : Mengimplementasikan kolaborasi
antar profesi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat berkolaborasi dengan institusi atau profesi lain untuk mencapai tujuan
pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan keahlian lain untuk membantu penyelesaian permasalahan
peserta didik/konseli sesuai kebutuhan.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 10
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 10 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 10
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 11 : Menguasai konsep dan praksis penilaian
(assessment) untuk memahami kondisi,
kebutuhan, dan masalah konseli
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 11 : Menguasai konsep dan praksis penilaian
(assessment) untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan
masalah konseli
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor dapat mengembangkan instrumen
non tes (pedoman wawancara, angket, atau format lainnya) untuk
keperluan pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan instrumen non- tes
untuk mengungkapkan kondisi
aktual peserta didik/konseli
berkaitan dengan lingkungan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat mendeskripsikan penilaian yang. digunakan dalam
pelayanan BK yang
sesuai dengan kebutuhan peserta
didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor dapat
memilih jenis penilaian (Instrumen
Tugas Perkembangan/ITP, Alat
Ungkap Masalah/AUM, Daftar Cek Masalah/DCM, atau instrumen non-tes
lainnya) yang sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat mengadministrasikan penilaian(merencanakan, melaksanakan, mengolah
data) untuk mengungkapkan
kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor dapat
mengadministrasikan penilaian(merencanakan,
melaksanakan, mengolah data)
untuk mengungkapkan
masalah peserta didik/konseli (data catatan pribadi,
kemampuan akademik, hasil
evaluasi belajar, dan hasil psikotes).
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru BK/Konselor dapat menampilkan tanggung jawab
profesional sesuai dengan azas BK (misalnya kerahasiaan, keterbukaan,
kemutakhiran, dll.) dalam praktik penilaian.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 11
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 11 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase
= ( total skor / 14) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 11
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 12 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 12 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, fungsi,
dan landasan).
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menentukankan arah profesi bimbingan dan konseling (peran sebagai guru
BK/konselor).
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan dasar- dasar pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan pelayanan BK sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan pendekatan/ model/jenis
pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan praktik Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan praktik
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 12
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 12 = jumlah indicator x 2
|
12
|
||
Persentase
= ( total skor / 12 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 12
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 13 : Merancang Program BK
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan/ jawaban terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 13 : Merancang
Program BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menganalisis kebutuhan peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menyusun program pelayanan BK yang berkelanjutan berdasar kebutuhan
peserta didik/konseli secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menyusun rencana pelaksanaan program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 13
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 13 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 13
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 14 : Mengimplementasikan program BK yang
komprehensif
Nama
Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Tanggapan/ jawaban terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 14 : Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan program pelayanan BK
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam
pelayanan BK
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal/ pribadi, dan
sosial peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mengelola sarana dan biaya program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 14
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 14 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 14
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 15 : Menilai proses dan hasil kegiatan BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 15 : Menilai proses dan hasil
kegiatan BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat melakukan evaluasi proses dan hasil program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat melakukan penyesuaian kebutuhan peserta didik/konseli dalam proses
pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan BK kepada pihak
terkait.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan
program pelayanan BK berdasarkan analisis kebutuhan.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 15
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 15 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 15
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 16 : Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 16 : Memiliki kesadaran dan komitmen
terhadap etika professional
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat memberdayakan kekuatan pribadi, dan keprofesionalan guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat meminimalisir dampak lingkungan dan keterbatasan pribadi guru
BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menyelenggarakan pelayanan BK sesuai dengan kewenangan professi
etik profesional guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah
peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan layanan pendukung sesuai kebutuhan peserta
didik/konseli(misalnya alih tangan kasus, kunjungan rumah, konferensi kasus,
instrumenbimbingan, himpunan data).
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor
dapat menghargai identitas profesional dan pengembangan profesi.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru BK/Konselor
dapat mendahulukan kepentingan peserta didik/konseli daripada kepentingan
pribadi guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 16
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 16 = jumlah indicator x 2
|
14
|
||
Persentase
= ( total skor / 14 ) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 16
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 17 : Menguasai konsep dan
praksis penelitian dalam BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama
Penilai : ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang
diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 17 : Menguasai konsep dan praksis penelitian
dalam BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat mendeskripsikan jenis dan metode penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
mampu merancang penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK dengan mengakses jurnal yang
relevan.
|
0
|
1
|
2
|
Total
Skor untuk kompetensi 17
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 17 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase
= ( total skor / 8) x 100 %
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 17
( 0% < X < 25 % = 1 ; 25 %
< X < 50 % = 2;
50 % < X < 75 % = 3 ; 75 %
< X < 100 % = 4 )
|
|
|
REKAP HASIL PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING/KONSELOR
a.
Nama :
N I P :
Tempat/Tanggal Lahir :
Pangkat/Jabatan/Golongan :
TMT sebagai guru :
Masa
Kerja :
Jenis Kelamin :
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi :
Program Keahlian yang diampu :
b. Nama Instansi/Sekolah :
Telp
/ Fax :
Kelurahan
:
Kecamatan :
Kabupaten/kota :
Provinsi :
Periode Penilaian
1 januari
2013 sampai 31 Desrember 2013
|
Formatif
|
|
Tahun 2014
|
Sumatif
|
|
||
Kemajuan
|
|
No.
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A.
Pedagogik
|
||
1
|
Menguasai teori dan praksis pendidikan.
|
|
2
|
Mengaplikasi perkembangan fisiologis dan
psikologis serta perilaku konseli.
|
|
3
|
Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur,
jenis, dan jenjang satuan pendidikan.
|
|
B.
Kepribadian
|
||
4
|
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
|
|
5
|
Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
|
|
6
|
Menunjukkan integritas dan stabilitas
kepribadian yang kuat.
|
|
7
|
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi.
|
|
C.
Sosial
|
||
8
|
Mengimplementasikan kolaborasin internal di
tempat bekerja.
|
|
9
|
Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi
BK.
|
|
10
|
Mengimplementasi kolaborasi antarprofesi.
|
|
D.
Profesional
|
||
11
|
Menguasai konsep dan praksis penilaian
(assessment) untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli.
|
|
12
|
Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK.
|
|
13
|
Merancang program BK.
|
|
14
|
Mengimplementasikan program BK yang
komprehensif.
|
|
15
|
Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan
konseling.
|
|
16
|
Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika
profesioanal.
|
|
17
|
Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam
BK.
|
|
Jumlah (hasil penilaian
kinerja guru)
|
|
Nilai kompetensi berdasarkan laporan dan
evaluasi PK Guru. Nilai min = 1 &
nilai max = 4
|
..................., ................................
|
|
Guru yang dinilai
_____________________
NIP
|
Penilai
NIP
|
Kepala Sekolah
__________________________
NIP
|
|
FORMAT
PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU BK/ KONSELOR
a.
Nama : ………………………………………....................................... (1)
N I P : ………………………………………....................................... (2) Tempat/Tanggal Lahir : ………………………………………....................................... (3)
Pangkat/Jabatan/Golongan : ………………………………………....................................... (4)
TMT sebagai guru : ………………………………………....................................... (5)
Masa Kerja : …….......... Tahun ........…..Bulan (6)
Jenis Kelamin :
L / P
(7)
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : ………………………………………....................................... (8)
Program Keahlian yang diampu : ………………………………………....................................... (9)
b. Nama
Instansi/Sekolah : ………………………………………....................................... (10)
Telp / Fax : ………………………………………....................................... (11)
Kelurahan : ………………………………………....................................... (12)
Kecamatan : ………………………………………....................................... (13)
Kabupaten/kota : ………………………………………....................................... (14)
Provinsi : ………………………………………....................................... (15)
Nilai PK GURU Kelas/Mata Pelajaran
|
(16)
|
Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0 – 100 sesuai Permenneg PAN & RM No. 16 Tahun
2009 dengan rumus
|
(17)
|
Berdasarkan hasil
konversi ke dalam skala nilai sesuai dengan peraturan tersebut, selanjutnya
ditetapkan sebutan dan persentase angka kreditnya
|
(18)
|
Perolehan angka kredit (bimbingan dan
konseling/konselor) yang dihitung berdasarkan rumus berikut ini.
Angka Kredit satu tahun = (AKK – AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK
4
|
(19)
|
|
…………………………….., .............………………..(20)
|
|
Guru
yang dinilai
|
Penilai
|
Kepala
Sekolah
|
(………………………………(21))
|
(……………………………………(22))
|
(………………………………………(23))
|