|
LAPORAN DAN
EVALUASI
PENILAIAN
KINERJA GURU BIMBINGAN & KONSELING/ KONSELOR
Nama Guru : ......................................................................................................
NIP / Nomor Seri Karpeg : ......................................................................................................
Pangkat / Golongan Ruang : ......................................................................................................
Terhitung Mulai Tanggal : ......................................................................................................
NUPTK / NRG : ......................................................................................................
Nama Sekolah : ......................................................................................................
Alamat Sekolah : ......................................................................................................
Tanggal mulai bekerja di sekolah ini : ......................................................................................................
Periode Penilaian : ...............................sampai dengan …………………..
PERSETUJUAN
(
Persetujuan ini harus ditanda tangani oleh penilai dan guru yang dinilai )
Penilai dan guru yang dinilai
menyatakan telah membaca dan memahami semua aspek yang ditulis / dilaporkan dalam format ini dan
menyatakan setuju.
Nama Guru :
.................................. Nama Penilai :
...........................................
(Tanda Tangan)
(Tanda Tangan)
________________________
_________________________
..............................,....................20...
|
Kompetensi 1 : Menguasai teori dan praksis pendidikan
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 1 : Menguasai teori dan praksis pendidikan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan landasan dan prinsip-prinsip
pendidikan serta pembelajaran yang aktif, kreatif, mandiri, dan berpusat pada
peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan usia, tahap
perkembangan, dan kebutuhan peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan dalam perencanaan layanan BK, sesuai dengan keragaman latar
belakang budaya, ekonomi, dan sosial peserta didik/konseli
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 1
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 1
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 2 : Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis Dan Psikologis Serta Perilaku
Konseli
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik/konseli
selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 2
: Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis Dan Psikologis Serta
Perilaku Konseli
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
kebutuhan perkembangan mental, emosional, fisik, dan gender.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
kebutuhan bakat, minat, dan potensi pribadi.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Peserta
didik/konseli diberi kesempatan dalam memperoleh layanan BK sesuai dengan
harapan untuk melanjutkan pendidikan dan pilihan karir.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 2
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 1
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 3 : Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan
konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 3 : Menguasai
esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang
satuan pendidikan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jalur
Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jalur
|
0
|
1
|
2
|
2.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada jenis
satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan, menengah, serta tinggi.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Layanan BK yang
diprogramkan oleh guru BK/ Konselor telah memenuhi esensi layanan pada
jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 3
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 3
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 4 : Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 4 : Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
berpenampilan rapih dan bersih
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
berbicara dengan santun dan jujur kepada peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
bersikap dan mendorong kepada peserta didik/konseli untuk bersikap toleran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
memperlihatkan konsistensi dan memotivasi peserta didik/konseli dalam
melaksanakan ibadah.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 4
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 4
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 6 : Menunjukkan integritas dan stabilitas
kepribadian yang kuat
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan Penilai terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
Kompetensi 6 : Menunjukkan integritas dan stabilitas
kepribadian yang kuat
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
menunjukkan kepribadian, kestabilan emosi dan perilaku yang terpuji, jujur,
sabar, ramah, dan konsisten.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
menunjukkan kepekaan dan bersikap empati terhadap keragaman dan perubahan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
menampilkan toleransi tinggi terhadap peserta didik/konseli yang menghadapi stress dan frustasi.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 6
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 6
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 7 : Menampilkan
kinerja berkualitas tinggi
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan/jawaban guru terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 7 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
memotivasi peserta didik/konseli untuk berpartisipasi aktif dalam layanan BK
yang diberikan.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
BK/Konselor melaksanakan pelayanan BK
yang efektif sesuai
dengan rancangan untuk mencapai tujuan pelayanan BK dalam
waktu yang tersedia
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
melaksanakan tugas layanan BK secara mandiri, disiplin, dan semangat agar
peserta didik/konseli berpartisipasi secara aktif.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 7
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 7
= jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 7
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 8 : Mengimplementasikan kolaborasi
internal di tempat bekerja
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 8 : Mengimplementasikan kolaborasi internal di
tempat bekerja
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru lain dapat
menunjukkan contoh penggunaan hasil pelayanan BK untuk membantu peserta
didik/konseli dalam proses pembelajaran yang dilakukannya
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
merencanakan pelayanan BK dengan menyertakan pihak-pihak terkait di sekolah
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti bagaimana menjelaskan program dan hasil layanan BK
kepada pihak-pihak terkait di sekolah
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti permintaan guru lain untuk membantu penyelesaian
permasalahan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 8
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 8
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 9 : Berperan
dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Kompetensi 9 : Berperan
dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
mentaati Kode Etik organisasi profesi BK (seperti MGBK, ABKIN, atau
organisasi profesi sejenis lainnya).
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
berpartisipasi aktif dalam proses pengembangan diri melalui organisasi
profesi guru BK/Konselor
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan organisasi profesi BK/Konselor untuk membangun kolaborasi
dalam pengembangan program BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 9
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 6 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 9
( 0% < X
< 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 10 : Mengimplementasikan
kolaborasi antar profesi
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 10 :
Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menunjukkan bukti melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor dapat
berkolaborasi dengan institusi atau profesi lain untuk mencapai tujuan
pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan keahlian lain untuk membantu penyelesaian permasalahan
peserta didik/konseli sesuai kebutuhan.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor dapat
menunjukkan bukti melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 10
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 10
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 11 : Menguasai konsep dan praksis penilaian
(assessment) untuk memahami kondisi,
kebutuhan,
dan masalah konseli
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian
untuk Kompetensi 11
: Menguasai
konsep dan praksis penilaian (assessment) untuk
memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor dapat mengembangkan instrumen
non tes (pedoman wawancara, angket, atau format lainnya) untuk
keperluan pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan instrumen non- tes
untuk mengungkapkan kondisi
aktual peserta didik/konseli
berkaitan dengan lingkungan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat mendeskripsikan penilaian yang. digunakan dalam
pelayanan BK yang
sesuai dengan kebutuhan peserta
didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor dapat
memilih jenis penilaian (Instrumen
Tugas Perkembangan/ITP, Alat
Ungkap Masalah/AUM, Daftar Cek Masalah/DCM, atau instrumen non-tes
lainnya) yang sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat mengadministrasikan penilaian(merencanakan, melaksanakan, mengolah
data) untuk mengungkapkan
kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor
dapat mengadministrasikan penilaian(merencanakan, melaksanakan, mengolah
data) untuk mengungkapkan masalah
peserta didik/konseli (data catatan pribadi,
kemampuan akademik, hasil
evaluasi belajar, dan hasil psikotes).
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru BK/Konselor dapat menampilkan tanggung jawab
profesional sesuai dengan azas BK (misalnya kerahasiaan, keterbukaan,
kemutakhiran, dll.) dalam praktik penilaian.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 11
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indicator x 2
|
6
|
||
Persentase = ( total skor / 14) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 11
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 12 : Menampilkan
kinerja berkualitas tinggi
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 12 : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, fungsi,
dan landasan).
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menentukankan arah profesi bimbingan dan konseling (peran sebagai guru
BK/konselor).
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan dasar- dasar pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan pelayanan BK sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan pendekatan/ model/jenis
pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan praktik Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan praktik
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 12
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 12
= jumlah indicator x 2
|
12
|
||
Persentase = ( total skor / 12 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 12
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 13 : Merancang
Program BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan/ jawaban terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 13
: Merancang Program BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat menganalisis kebutuhan peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat menyusun program pelayanan BK yang berkelanjutan berdasar kebutuhan
peserta didik/konseli secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menyusun rencana pelaksanaan program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 13
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 13
= jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 13
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 14 : Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan /atau keterangan guru :
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta
didik/konseli selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan/ jawaban terhadap pertanyaan/
klarifikasi penilai selama pertemuan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian
untuk Kompetensi 14
: Mengimplementasikan program BK yang komprehensif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan program pelayanan BK
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam
pelayanan BK
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal/ pribadi, dan
sosial peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mengelola sarana dan biaya program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 14
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 14
= jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 14
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 15 : Menilai
proses dan hasil kegiatan BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 15 :
Menilai proses dan hasil kegiatan BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat melakukan evaluasi proses dan hasil program pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat melakukan penyesuaian kebutuhan peserta didik/konseli dalam proses
pelayanan BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan BK kepada pihak
terkait.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan
program pelayanan BK berdasarkan analisis kebutuhan.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 15
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 15 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 15
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 16 : Memiliki
kesadaran dan komitmen terhadap etika professional
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 16 :
Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat memberdayakan kekuatan pribadi, dan keprofesionalan guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
dapat meminimalisir dampak lingkungan dan keterbatasan pribadi guru
BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat menyelenggarakan pelayanan BK sesuai dengan kewenangan professi
etik profesional guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah
peserta didik/konseli.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan layanan pendukung sesuai kebutuhan peserta
didik/konseli(misalnya alih tangan kasus, kunjungan rumah, konferensi kasus,
instrumenbimbingan, himpunan data).
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru BK/Konselor
dapat menghargai identitas profesional dan pengembangan profesi.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru BK/Konselor
dapat mendahulukan kepentingan peserta didik/konseli daripada kepentingan
pribadi guru BK/konselor.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 16
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 16 = jumlah indicator x 2
|
14
|
||
Persentase = ( total skor / 14 ) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 16
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Kompetensi 17 : Menguasai konsep dan praksis penelitian
dalam BK
Nama Guru : ..................................................................
Nama Penilai
: ..................................................................
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan danTanggapan penilaian terhadap dokumen dan /atau
keterangan guru :
|
Penilaian untuk Kompetensi 17 :
Menguasai konsep dan praksis
penelitian dalam BK
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti
(tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru BK/Konselor
dapat mendeskripsikan jenis dan metode penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru BK/Konselor
mampu merancang penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru BK/Konselor
dapat melaksanakan penelitian dalam BK.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru BK/Konselor
dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK dengan mengakses jurnal yang
relevan.
|
0
|
1
|
2
|
Total Skor untuk kompetensi 17
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 17 = jumlah indicator x 2
|
8
|
||
Persentase = ( total skor / 8) x 100 %
|
|
||
Nilai
untuk kompetensi 17
( 0% <
X < 25 % = 1 ; 25 % < X < 50 % = 2;
50 % <
X < 75 % = 3 ; 75 % < X < 100 % = 4 )
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar